Beranda > Antivirus > Bitdefender Antivirus 2013 Gratis

Bitdefender Antivirus 2013 Gratis

bit-defender-free-antivirus1

Bitdefender menyatakan bahwa engine (mesin/teknologi scan dan proteksi) yang digunakan dalam antivirus gratis ini sama seperti yang digunakan oleh Bitdefender Internet Security 2013, sehingga ini merupakan point plus karena kemampuan deteksi virus/malware sebanding dengan produk terbaiknya. Tetapi bagaimana dengan fitur lainnya?

Beberapa fitur Bitdefender Antivirus Free Edition antara lain:

  • Real-time Shield, ini berarti setiap aktivitas komputer dan setiap saat akan di proteksi oleh antivirus.
  • Active Virus Control, kemampuan deteksi virus baru
  • Intrusion Detection System, memastikan keamanan aplikasi yang mengakses internet/jaringan, dengan menyetop jika diindikasikan berbahaya.
  • HTTP Scanning, Bitdefender melakukan scan semua link yang kita akses di internet, mencegah dari bahaya, penipuan dan mem-blok jika tidak aman.
  • Anti Rootkit, untuk melakukan scan dan mem-blok jika ada jenis aplikasi berbahaya yang sangat tersembunyi dari windows.
  • Auto Scan, Bitdefender otomatis melakukan scan
  • Early boot Scanning, memastikan bahwa sistem di scan pada awal-awal boot time

Melihat fiturnya, kemampuan Scan Bitdefender memang diakui sangat bagus, tetapi Bitdefender Antivirus Free Edition sendiri merupakan produk sederhana (minimalist) dari produk berbayarnya, tidak seperti Avira, AVG atau Avast yang memberikan berbagai fitur/opsi di antivirus gratisnya, Bitdefender hampir tidak memberikan opsi apapun untuk pengguna. Setelah Install, kita hampir tidak bisa mengatur apapun. Untuk scan saja, kita tidak akan menemukan di menu utama, tetapi hanya bisa dilakukan melalui klik kanan drive/folder.

Bagi pengguna yang benar-benar awam dengan komputer, mungkin tidak adanya opsi tersebut cukup membantu, karena setelah install pengguna tidak perlu sama sekali memikirkan apa yang perlu di set. Tetapi bagi sebagian pengguna hal tersebut kurang menguntungkan. Beberapa contohnya, kita tidak bisa mengatur agar folder/file tertentu tidak discan, kita tidak bisa mengatur update, seberapa sering auto scan dan lainnya.

Satu hal yang paling merepotkan adalah aksi Hapus (Delete) otomatis file atau program yang dianggap berbahaya tanpa konfirmasi. Karena bisa jadi itu salah deteksi sehingga file kita langsung hilang begitu saja. Kita hanya bisa melihat logs (daftar apa saja yang dilakukan antivirus). Diluar kemampuan scan yang bagus, penggunaan memory (RAM) yang ringan, Bitdefender Antivirus Free Edition dari segi fitur/opsi masih tertinggal dibanding antivirus gratis lainnya.

Jika ingin mencoba, silahkan download programnya dari halaman Bitdefender Free Edition, selanjutnya jalankan program tersebut (perlu koneksi internet untuk meng-installnya). Agar Dapat dijalankan lebih dari satu bulan, kita harus mendaftarkan diri atau login dengan Facebook/Gmail (seperti halnya Avast).

DOWNLOAD

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: